Sponsored by

Selasa, 11 Desember 2012

Manfaat Madu dan Cuka untuk Penyembuh Luka

Manfaat Madu dan Cuka untuk Penyembuh Luka - Madu dan cuka banyak ditemukan di dapur setiap rumah. Selain untuk kebutuhan memasak keduanya bisa dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit maupun sebagai penyembuh luka luar akibat terjatuh dan sebagainya. Berikut ini adalah alasan mengapa madu (baca : kandungan nutrisi 100g madu) dan cuka (cuka apel) dipakai sebagai obat saat kita mengalami luka :

Madu
  • Madu yang dioleskan di atas luka bertindak sebagai pagar untuk melindungi luka dari luar dan mencegah infeksi. Mungkin ini agak tidak masuk akal sebab madu melekat di semua benda yang disentuhkan. Kalau diperhatikan, maka debu dan sebagainya akan melekat di permukaan madu dan tidak mungkin menembus ke luka.
  • Madu juga menghilangkan rasa sakit karena sifatnya sebagai antiradang alami. Di lain pihak, madu juga membuat luka tetap lembab saat proses penyembuhan, tetapi tidak menghambat proses tersebut.
Cuka (cuka apel)
  • Cuka apel mencegah penyebaran bakteri di atas luka.
  • Cuka apel mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi rasa gatal yang biasanya timbul saat luka mulai sembuh.
Perbedaan mendasar antara cuka apel dan madu dalam penyembuhan luka adalah madu bertindak sebagai penghilang rasa sakit, sedangkan cuka menghilangkan rasa gatal.

Semoga bermanfaat. Sumber : kompas.com

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © . Live Healthy - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger