Sponsored by

Jumat, 14 Desember 2012

4 Alasan Kenapa Makan harus Pelan-pelan

 4 Alasan Kenapa Makan harus Pelan-pelan :

Membantu Pencernaan
Ketika sedang mengunyah makanan, air liur akan memecah partikel makanan dan menghaluskannya. Enzim asimilasi dan lipase dalam air liur akan memecah karbohidrat dan lemak dari makanan. Maka semakin lama mengunyah, makanan akan semakin halus dan semakin mudah diserap tubuh untuk menghasilkan energi.

Menjaga Kebersihan Mulut
Saat mengunyah makanan dengan lama dan lembut, air liur (saliva) akan keluar dan menghaluskan makanan. Selain menghaluskan makanan, saliva juga berfungsi untuk melawan bau dan penyakit mulut. Hidrogen karbonat dalam air liur akan menetralkan bakteri pembentuk bau mulut. Selain itu, air liur yang semakin banyak keluar karena adanya makanan dalam mulut akan membunuh bakteri berbahaya dan menyapu partikel makanan di sekitar gigi.

Merangsang Air Liur
Gerakan mulut, gigi, dan lidah yang terjadi saat mengunyah makanan akan membuat mulut mengeluarkan air liur lebih banyak. Air liur berfungsi untuk melembutkan makanan dan mengubah teksturnya. Sementara mengunyah, nutrisi dan vitamin dari partikel makanan akan diserap oleh air liur. Hal ini menyebabkan partikel makanan bisa terpecah lebih mudah. Air liur juga memiliki kandungan zat yang bisa membunuh kuman-kuman yang mengganggu pencernaan. Maka semakin banyak Anda mengunyah, maka air liur semakin banyak dan kemampuan membunuh bakterinya lebih tinggi. Jika cara mengunyah makanan tidak tepat, misalnya kurang halus, maka pencernaan membutuhkan waktu lebih lama dan kerja yang lebih berat untuk mengubah makanan jadi energi. Selain itu, kemungkinan Anda akan mengalami perut kembung atau sakit.

Kenyang Lebih Lama
Ketika makan dengan perlahan, otak akan lebih mudah mengirimkan sinyal  yang membuat kita merasa lebih kenyang. Ketika mengenali kapan waktunya untuk berhenti makan akan membantu untuk mengendalikan nafsu makan. Pengendalian nafsu makan bisa menjadi salah satu cara untuk diet dan mencegah kelebihan berat badan.Mengunyah makanan perlahan-lahan juga membuat perut merasa kenyang lebih lama, sehingga membantu mencegah terlalu banyak ngemil makanan yang kurang sehat. 

Semoga bermanfaat. Sumber : kompas.com

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © . Live Healthy - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger