Sponsored by

Minggu, 04 November 2012

Cantik Memancar Dari Kulit dan Rambut

Cantik Memancar Dari Kulit dan Rambut - Kondisi rambut dan kulit menggambarkan kondisi kesehatan secara menyeluruh. Kulit dan rambut yang sehat menandakan kondisi tubuh yang juga sehat. Mengapa demikian ? "Setiap bulan rambut kita tumbuh sekitar 0,75 - 1,5 cm dan fondasi pertumbuhan rambut, kulit serta kuku yang baru bergantung pada nutrisi yang kita dapatkan," papar Dawn Jackson Blatner, RD, konsultan diet dari Chicago.

Rambut dan kulit sehat ditandai dengan kelembapannya yang terjaga. Kulit tidak kering, tidak kusam, dan terjaga elastisitasnya. Sedangkan pada rambut cirinya adalah tidak kering, tidak kusam, tidak pecah dibagian ujung, tidal lepek, tidak mudah patah, dan tidak mudah rontok.

Agar kulit dan rambut senantiasa sehat, diperlukan zat gizi yang tepat, diantaranya adalah :

PROTEIN
Protein merupakan zat yang berperan dominan dalam pembentukan kulit dan rambut. Kekurangan protein menyebabkan kulit kendur dan tidak kenyal, rambut rapuh, dan kuku kusam. Protein dapat diperoleh dengan mengkonsumsi alpukat, kacang-kacangan, wijen, ikan, daging merah, telur, daging unggas dan biji bunga matahari.

ZAT BESI
Kulit kusam dengan warna yang tidak merata bisa disebabkan kurangnya asupan zat besi. Begitu pula dengan masalah kerontokan rambut. Penuhi kebutuhan zat besi dengan mengonsumsi sayuran hijau tua, kuning telur, makanan hasil laut, daging merah dan buah kering. Zat besi akan diserap tubuh secara optimal dengan bantuan vitamin C.

Vit. C
Bersama protein berperan penting dalam pembentukan kolagen yang membuat kulit kencang. Kolagen mengatur kelenjar sebasea untuk menjaga kelembapan kulit, mencegah timbulnya garis, kerut, sisik dan gelambir. Vit C juga mencegah timbulnya flek. Vit C juga penting untuk kesehatan kulit kepala dan rambut. Vitamin C banyak terdapat pada kiwi, tomat, pepaya, stroberi, jeruk, sayuran hijau, ceri, dan anggur yang kaya antioksidan flavonoid.

Vit. E
Membantu mencegah keriput dini dengan cara mencegah kulit kering, kusam dan ber-flek hitam. Pada kulit kepala, vitamin E berperan menguatkan akar rambut dan mencegah ketombe. Vit E merupakan sumber antioksidan alami. Agar bekerja optimal, vit E bersinergi dengan vit C. Sumber vitamin E adalah kecambah, kuning telur, kedelai, brokoli, dan biji bunga matahari.

Vit. A
Zat antioksidan alami ini merangsang pertumbuhan rambut dan memperbaiki jaringa kulit yang rusak. Bisa diperoleh dari wortel, pepaya, tomat, melon, minyak ikan kod, melon, telur dan keju.

Berbagai sumber - Shear Health

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © . Live Healthy - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger