Sponsored by

Rabu, 24 Oktober 2012

Jaga Kelembapan Kuku

Kuku Cantik dan Sehat
Jaga Kelembapan Kuku - Hindari kontak terlalu lama dengan air dan sabun, misalnya saat mencuci piring ataupun pakaian. Begitu pula dengan kuteks terus menerus. Deterjen dan sabun kulit membuat kuku kering dan akhirnya rapuh serta mudah patah, Kebiasaan buruk lainnya adalah menggigiti kuku atau menarik kutikula.

Seminggu sekali atau dua kali, potong kuku hingga batas pertemuan dengan kulit atau lebih panjang sedikit. Bentuklah menjadi kotak dengan sedikit lengkungan di sudut-sudutnya. Jika kuku hendak dibiarkan panjang, gunakan kikir kuku untuk menumpulkan sudut-sudutnya.

Olesi kuku dan tangan dengan krim pelembap setiap kali selesai mencuci tangan atau mandi. Jika perlu, pakai sarung tangan saat mencuci dan melakukan pekerjaan rumah lainnya, seperti berkebun.

Penuhi kebutuhan akan nutrisi lemak baik Omega3 dari nabati seperti minyak zaitun yang tidak dipanaskan, avokad segar, kacang-kacangan, dan biji-bijian (wijen, bungan matahari). Santap pula sumber lemak hewani yang baik seperti tuna, tenggiri, salmon, sardin, dan minyak ikan.

Kuku tangan yang rapuh bisa menjadi pertanda adanya gangguan tiroid. Jika gejala lemas sering datang dan berat badan naik banyak belakangan ini, segera minta dokter memeriksa fungsi tiroid Anda. Umumnya, seiring dengan proses bertambahnya usia, pertumbuhan kuku akan melambat dan kondisinya menjadi lebih rapuh.

Berbagai sumber, semoga bermanfaat.

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © . Live Healthy - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger