Sponsored by

Selasa, 06 November 2012

Agar Anak Mau Makan Sayur

Agar Anak Mau Makan Sayur - Banyak orang tua yang kebingungan saat menghadapi anaknya tak mau makan sayur. Dirayu tidak mempan, dipaksa juga tidak boleh. Kalau sudah begini, apakah kita harus menuruti kemauan anak dan memberinya makanan yang disukai, meski minim gizi ?

Mendorong anak untuk meyukai sayuran dan buah memang tak selalu mudah, tetapi bukan berarti mustahil. Sebagai orangtua, kita memiliki hak dan kewajiban penuh dalam membentuk pola makan anak. Cobalah beberapa trik di bawah ini.

Buat Jadwal Khusus Makan Sayur
Buatlah perjanjian dengan anak, bahwa ada satu hari dalam seminggu dimana ia harus makan sayur. Biarkan ia memilih hari dan waktunya, pagi, siang, atau malam, serta sayur apa yang ingin ia makan.

Sisipkan Sayur ke Dalam Makanan
Jangan memaksa anak untuk menghabiskan sayuran yang tak ia sukai. Coba tawarkan jenis sayur lain dengan rasa yang tidak pahit atau agak manis. Bisa juga dengan meyisipkan sayur yang tak ia sukai ke dalam menu makanan favoritnya. Bisa juga mengolah sayur itu menjadi jenis makanan lain, seperti lumpia.

Makan Sayur di Depan Anak
Tak bisa dibantah lagi, orang tua merupakan teladan paling efektif bagi anak. Jika anak terbiasa melihat kedua orangtuanya melahap sayuran, ia pun akan mengikuti kebiasaan tersebut.

Beri Sedikit Rasa
Anak-anak menyukai rasa manis dan gurih. Kadang, alasan mereka tak mau makan sayur karena rasanya hambar atau pahit. Kita bisa mencoba menambahkan sedikit gula saat merebus wortel, misalnya. Atau menambahkan sedikit garam saat merebus buncis.

Sediakan Celupan
Cara ini cukup efektif mendorong anak untuk mau menyantap sayuran. Sediakan celupan seperti saus, mayones, atau yoghurt. Sayuran akan memiliki rasa lebih enak, dan anak pun menyukai aktivitas mencelupkan sayuran ke dalam celupan.

Semoga bermanfaat - Shear Health

Bekal sehat untuk si kecil

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © . Live Healthy - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger