Sponsored by

Senin, 03 Juni 2013

5 Cara Alami Untuk Menangani Luka Memar

Sponsored
5 Cara Alami Untuk Menangani Luka Memar - Saat bagian tubuh tertentu terbentur dengan benda keras maka akan muncul luka memar yang biasanya ditandai dengan rasa nyeri, bengkak, dan berwarna merah kebiruan (warna memar dapat berubah karena reaksi tubuh menyembuhkan memar.).

Penyembuhan memar alami yang dilakukan tubuh yaitu dengan cara memecahnya dan menyerap kembali darahnya. Ada beberapa cara alami untuk mengurangi rasa sakit dan mempercepat penyembuhan luka memar. Simak ulasan di bawah ini :


Kompres dengan es
Es akan mendinginkan pembuluh darah di area yang memar, maka semakin sedikit darah yang akan keluar ke jaringan di sekitar pembuluh. Masukan es atau air dingin ke dalam kantung atau handuk dan tempelkan di atas bagian tubuh yang memar selama sekitar 10 menit.


Balut
Jika terjadi memar di lengan atau kaki, serega balut dengan perban elastis di sekitar daerah memar. Balutan akan mencegah pembuluh darah bocor sehingga memar tidak akan bertambah parah.


Kompres air hangat
Setelah sekitar satu hari mengkompres memar dengan es atau air dingin, cobalah ganti dengan kompres air hangat. Suhu panas akan membuat sirkulasi darah menjadi baik serta mencegah terjadinya pembekuan darah di area memar. Gunakan kantung atau kain khusus untuk kompres. Isi kantung dengan air panas dan taruh di atas  bagian yang memar.


Gunakan seledri
Ambil satu genggam seledri segar, hancurkan, dan taruh di atas luka memar, balut dengan perban. Para ahli mengatakan, seledri dapat membantu mengurangi peradangan atau inflamasi, mengurangi rasa nyeri, dan menyembuhkan memar lebih cepat.


Cegah dengan vitamin C
Jika Anda sering mengalami memar, kemungkinan Anda kekurangan vitamin C. Cukupi kebutuhan vitamin C dengan sumber makanan alami karena hal ini bermanfaat memperkuat dinding pembuluh darah sehingga meminimalisasi pembentukan memar.

Sumber : kompas.com

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © . Live Healthy - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger