Sponsored by

Senin, 06 Mei 2013

Anda Pemakai Lensa Kontak ? Waspadai 8 Kondisi Berikut !

SPONSORED LINKS
Anda Pemakai Lensa Kontak ? Waspadai 8 Kondisi Berikut ! - Lensa kontak saat ini telah menjadi alat bantu penglihatan populer untuk menggantikan kacamata, selain membantu gangguan penglihatan, warna warni pada lensa kontak juga bisa membuat mata menjadi lebih indah. Sayangnya, penggunaan lensa kontak yang semakin mudah tak dibarengi dengan perawatan kebersihan yang baik.

Lensa kontak bisa menjadi sumber terjadinya infeksi pada mata jika kita kurang teliti dalam membersihkannya. Itu sebabnya jika Anda pengguna lensa kontak, Anda harus mewaspadai 8 kondisi berikut ini :

Saat menyentuh lensa kontak
Sebelum menyentuh lensa kontak pastikan tangan Anda bersih, cucilah tangan dengan sabun terlebih dahulu. Agar tidak menggores lensa, pastikan kuku Anda tidak terlalu panjang. Jangan pernah menggunakan air keran atau air ludah untuk membersihkan lensa. Gunakan cairan khusus saat membersihkan lensa.

Dipakai terlalu lama
Ada alasan penting mengapa para dokter tak menyarankan penggunaan lensa kontak terlalu lama. Lensa kontak menghambat oksigen ke mata. Jika Anda menggunakannya terlalu lama, misalnya malas membukanya saat tidur, bisa berpotensi menyebabkan luka pada kornea.

Menggunakan obat
Anda harus membuka dulu lensa kontak sebelum memakai berbagai jenis obat tetes mata. Namun, beberapa jenis obat, seperti pil kontrasepsi yang meningkatkan hormon estrogen bisa membuat mata lebih sensitif dan lebih kering. Demikian juga dengan obat jerawat yang bisa menyebabkan sensasi gatal pada mata.

Mata terlalu kering
Karena lensa kontak melapisi permukaan mata dan menahan oksigen, banyak pengguna lensa kontak yang mengalami mata kering. Kekeringan tersebut bisa bertambah parah dalam kondisi tertentu, seperti di pesawat, di cuaca kering, atau minum alkohol.

Cairan pembersih
Cairan pembersih (solution) lensa kontak memiliki banyak variasi, ada yang hanya membilas, membunuh kuman, atau membasahi mata untuk meningkatkan produksi air mata. Setiap produk tersebut mengandung pengawet yang bisa kadaluarsa atau mengiritasi mata. Karena itu hindari memakai produk yang sudah lewat masa pakainya. Selain itu, hindari kebiasaan memindahkan solution ke wadah kecil saat traveling karena bisa meningkatkan risiko kontaminasi.

Sponsored link
Berdandan
Alat make-up bisa menjadi sarana infeksi. Untuk itu hindari meminjamkan maskara, eyeliner, atau eye shadow, dengan orang yang sedang sakit mata atau matanya iritasi. Selain itu, pakailah lensa kontak sebelum berdandan dan lepaslah lensa kontak sebelum membersihkan kosmetik.

Di luar ruangan
Partikel kecil di udara seperti debu, asap, atau bulu binatang, bisa masuk ke mata dan membuat iritasi. Lebih disarankan untuk tidak memakai lensa kontak saat naik motor.

Saat berenang
Tentu tak mungkin berenang dengan kacamata. Tetapi memakai lensa kontak saat berenang di kolam yang mengandung klorin bisa membuat lensa kontak terkontaminasi. Sebaiknya lepaskan lensa kontak saat berenang dan tunggu satu jam sebelum memakai lensa kontak kembali.

Sumber : kompas.com

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © . Live Healthy - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger