Sponsored by

Kamis, 23 Mei 2013

4 Cara Agar Mata Lelah Lebih Rileks

Sponsored
4 Cara Agar Mata Lelah Lebih Rileks - Buat Anda yang sering bekerja di depan layar komputer ataupun laptop pasti sering merasakan lelah pada mata akibat terlalu lama menatap layar monitor. Berikut ini ada 4 cara sederhana untuk membuat mata lelah Anda lebih rileks :


Perbaiki posisi saat duduk

Saat menggunakan komputer disarankan untuk duduk dengan nyaman dalam posisi seimbang. Selain itu, menjaga postur tulang belakang tetap dalam posisi senyaman mungkin. Tempatkan kaki Anda rata di lantai untuk memberikan kenyamanan dan menjaga postur tubuh.

Mengapa posisi duduk berpengaruh pada kesehatan mata ? Sebab, ketegangan mata disebabkan oleh postur tubuh yang buruk. Duduk selama berjam-jam di depan komputer dan tidak mengatur posisi yang tepat akan menyebabkan otot-otot di bagian kepala, leher dan bahu menjadi kaku. Pada akhirnya hal ini akan berpengaruh pada mata.


Tutup mata dengan tangan

Hal ini dilakukan untuk menghilangkan tekanan di sekitar mata. Langkah ini juga dapat dilakukan untuk membiarkan mata Anda santai sejenak. Melakukan penutupan ini dapat memberikan perbedaan besar dalam hari-hari Anda. Lakukan dengan cara sebagai berikut:
- Tarik napas dalam-dalam sebelum memulai
- Buatlah diri Anda nyaman, kemudian condongkan tubuh ke depan dan biarkan siku bertumpu pada meja
- Tutup kedua mata Anda dengan tangan. Pastikan Anda bisa berkedip bebas dan tidak terlalu menekan mata.


Berkedip

Berkedip adalah cara sederhana untuk menjaga mata Anda tetap segar dan bisa kembali fokus. Pengguna komputer dan televisi cenderung berkedip lebih sedikit, terutama saat sedang serius dan fokus pada sesuatu. Cobalah berkedip setiap 3-4 detik selama 2 menit. Setiap kali berkedip mata Anda akan mengalami periode gelap yang singkat. Ini membantu menjaga mata Anda tetap segar dan juga mengurangi ketegangan mata.


Berikan pijatan ringan pada mata

Pijat ringan pada kelopak mata juga merupakan teknik lain yang memberi manfaat besar. Pertama, pastikan tangan Anda bersih. Kemudian tutup mata dan gunakan ujung jari Anda untuk memijat permukaan kelopak mata dengan lembut dan gerakan melingkar. Lakukan selama 1-2 menit hingga terasa lebih rileks. Perlu diingat untuk melakukan latihan ini secara perlahan dan tidak mengerahkan banyak tekanan, sebab ini justru merusak mata Anda.


Selamat mencoba. Sumber : detik.com

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © . Live Healthy - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger