Sponsored by

Senin, 17 Desember 2012

9 Pekerjaan yang Rentan Terpapar Kuman Penyakit


Dibawah ini adalah 9 daftar pekerjaan yang rentan terpapar kuman penyakit :

Teller Bank
Uang adalah salah satu benda yang paling banyak dihuni oleh kuman, karena disentuh oleh banyak orang yang mungkin tidak cuci tangan setelah ke kamar mandi, memegang uang setelah makan atau setelah mengelap ingus dan berbagai kemungkinan lain. Sehingga pekerja bank seperti teller yang setiap hari harus bersentuhan dengan uang, sangat rentan terhadap paparan kuman dari uang. Ilmuwan dari Jenewa menemukan bahwa strain virus H1N1 dapat hidup pada uang kertas selama tiga hari.

Ahli Forensik
Ahli forensik yang harus berurusan dengan korban kejahatan kekerasan, benar-benar harus membersihkan darah dan cairan tubuh lainnya. Paparan semua cairan tubuh mayat dianggap sebagai sumber infeksi dan dianggap bio-berbahaya.

Dokter
Pasien datang berobat untuk berbagai kondisi seperti batuk, pilek, diare atau ruam, yang semuanya menular. Sehingga tidak mengherankan jika seorang dokter dan perawat sering mencuci tangannya dan menggunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol agar selalu steril.

Dokter Hewan
Hewan peliharaan seperti anjing dan kucing juga menjadi tempat berkembangnya berbagai kuman dan bakteri, terutama jika sakit. Dokter hewan harus menangani hewan-hewan yang sakit, sehingga lebih mudah terpapar berbagai bentuk bakteri, virus dan infeksi jamur. Dokter hewan juga harus bersentuhan dengan parasit, rabies, dan kotoran hewan setiap hari. Hal ini dapat menyebabkan berkembangnya penyakit seperti psittacosis, infeksi bakteri yang sering ditularkan oleh burung, salmonella, yang ditemukan dalam kotoran hewan, atau leptospirosis, infeksi bakteri yang ditularkan melalui urin.

Guru
Guru menghabiskan waktunya sepanjang hari dengan berada di dekat anak-anak didiknya. Padahal anak-anak sering terpapar kuman karena kerap tidak mencuci tangan, terutama setelah menyeka hidung dan pergi ke kamar mandi atau bersin. Hal ini dapat menyebarkan kuman ke seluruh kelas dan membuat seorang guru terpapar kuman dari murid-muridnya. Berdasarkan beberapa penelitian, guru lebih rentan terpapar kuman hingga 10 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan profesi lain.

Penjual Daging
Seseorang yang akan memasak daging, diharuskan untuk merebusnya pada suhu tinggi untuk mengurangi paparan bakteri salmonella, E. coli atau listeria. Penjual daging tidak luput dari paparan berbagai bakteri tersebut karena setiap hari harus bersinggungan dengan barang dagangannya.

Pekerja Komputer
Menurut peneliti dari University of North Carolina setiap komputer dihuni oleh 2 atau lebih mikroorganisme. Sebuah survei oleh American Dietician Association menemukan bahwa sekitar 57 persen dari pekerja makan makanan ringan di depan komputernya dan sekitar 20 persen pekerja tidak pernah membersihkan keyboard komputernya.

Pekerja Laundry
Pekerja laundry tentu saja harus bersentuhan langsung dengan pakaian kotor banyak orang. Karena kotornya pakaian cukup beragam, yang mungkin disebabkan karena keringat atau kotoran lain, dapat membuat pekerja laundry terpapar jutaan bakteri E. Coli setiap kali melakukan pekerjaannya pada skala besar.

Tukang Pipa
Tukang pipa harus memakai sarung tangan plastik untuk menjaga tangannya agar bebas dari kuman ketika memperbaiki toilet yang tersumbat atau kering. Tidak hanya ada kotoran di dalam toilet Anda, tetapi saluran air dan pipa juga menjadi tempat berkembang biak yang sangat baik untuk bakteri karena begitu lembab.

Sumber : detik.com

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © . Live Healthy - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger