Sponsored by

Sabtu, 24 November 2012

Ingin Pencernaan Sehat, Ini Tipsnya

Ingin Pencernaan Sehat, Ini Tipsnya - Agar sistem pencernaan tetap berfungsi normal kita perlu menjaga pola makan dan gaya hidup sehat. Banyak orang harus berurusan dengan dokter akibat gangguan pencernaan seperti perut kembung dan konstipasi (sulit buang air besar). Berikut ini adalah tips sehat agar pencernaan kita tetap berfungsi normal :

Jangan Tunda Buang Air Besar
Tubuh kita mencerna makanan sepanjang hari dan setelah kita makan ia akan mengirim sinyal yang pada dasarnya meminta agar ruangan di perut di kosongkan. Dengarkan tubuh Anda. Jangan terbiasa menunda keinginan untuk kebelakang.

Jangan Makan Terlalu Malam
Makan atau ngemil terlalu dekat dengan waktu tidur bisa meningkatkan rasa nyeri atau panas (heartburn) yang merupakan gejala dari asam lambung berlebih. Hal itu terjadi karena saat kita berbaring datar makanan mudah terdorong kembali ke kerongkongan.

Hindari Minum Banyak Air Saat Makan
Meneguk terlalu banyak air di waktu makan bisa menyebabkan perut kembung seperti halnya kebanyakan makan. Selain itu terlalu banyak minum air juga akan memicu gejala relfux dengan mendorong isi lambung ke kerongkongan. Minum cukup air memang baik untuk mencegah dehidrasi, tetapi hindari terlalu banyak minum saat makan.

Konsumsi Cukup Serat Setiap Hari
Para ahli merekomendasikan agar kita mengonsumsi 25 gram serat setiap hari. Manfaat serat adalah membantu gerakan usus besar lebih teratur sehingga pola buang air besar juga teratur, dan mencegah sembelit.

Sumber : kompas.com

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © . Live Healthy - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger