Sponsored by

Senin, 07 Januari 2013

Kenali Tubuhmu : Hidung


Peran hidung sangat penting karena hidung menyaring udara yang kita hirup saat bernapas sebelum udara masuk ke dalam paru-paru dengan melewati trakea dan saluran bronkus. Untuk orang dewasa, sekitar 18.000 - 20.000 liter udara melewati hidung untuk disaring tiap harinya.

Ada sekitar 6 juta sel yang terdapat di dalam indra penciuman kita. Hidung manusia dapat mencium lebih dari 10.000 macam bau. Binatang biasanya memiliki penciuman yang lebih tajam daripada manusia.

Hidung melindungi kesehatan kita dengan cara :
  • Menyaring semua udara dan partikel yang akan masuk ke dalam paru-paru.
  • Mengatur suhu udara agar sama dengan suhu badan kita sebelum udara tersebut masuk ke dalam paru-paru.
  • Memberikan kelembapan terhadap udara yang kita hirup untuk menghindari kekeringan dalam paru-paru dan saluran bronkus.
Hidung tersumbat dan hidung berair dapat mempengaruhi kemampuan untuk bernapas, tidur, membuat kita merasa tidak nyaman dan bisa mengurangi kemampuan untuk mencium bau. Sel-sel dalam hidung juga berfungsi untuk mengecap rasa melalui aroma makanan. Itulah sebabnya saat hidung tersumbat karena pilek, hidung tidak dapat mencium aroma apa pun dengan baik, otomatis rasa makanan menjadi kurang kuat.

Berbagai sumber.

1 comments:

  1. info yang menarik.. silahkan dibaca juga kelainan pada bentuk hidung biar lebih mengenali hidung lebih dekat di blog kita..

    http://mediainformasi.org/septum-deviasi-atau-kelainan-pada-bentuk-hidung/

    sweet regards ;)

    BalasHapus

 
Copyright © . Live Healthy - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger