Sponsored by

Sabtu, 17 November 2012

Jaga Kesehatan Tulang Kita

Jaga Kesehatan Tulang Kita - Bayangkan jika kita hidup tanpa tulang, tentu saja tubuh kita tidak mungkin seindah atau setegap sekarang ini. Kita juga tidak mungkin dapat bergerak, berpindah, dan beraktivitas dengan leluasa. Oleh karena itu, tulang sangat perlu dijaga kesehatannya agar dapat mencapai tingkat pertumbuhan dan kepadatan yang optimal.

Apabila massa tulang puncak yang memadai tidak tercapai, seseorang akan menghadapi resiko osteoporosis atau kondisi menurunnya kepadatan (densitas) tulang, kerusakan bangunan tulang, dan meningkatkan kerapuhan tulang. Tentu saja osteoporosis dapat dicegah dengan meningkatkan dan mempertahankan kepadatan tulang. Caranya, terapkan pola hidup aktif (banyak bergerak dan berolahraga), serta cukupi kebutuhan akan kalsium, vitamin D, dan nutrisi lainnya.

Untuk memeriksa kesehatan tulang, kita dapat memantaunya sendiri dari proses pencapaian tinggi badan sesuai potensi, tingkat kejadian retak dan patah tulang, serta bentuk postur tubuh. Namun, untuk memeriksa kepadatan tulang diperlukan alat bantu berupa sinar X khusus, CT scan, atau ultrasonografi. Selain itu dibutuhkan pemeriksaan laboratorium dengan sampel darah dan urine.

Agar Tulang Sehat
  • Aktif setiap hari dengan strength building dan weight-bearing activities. Anak-anak memerlukan olahraga paling sedikit 1 jam per hari, orang dewasa 30 menit untuk 3-5 hari per minggu.
  • Mempertahankan berat badan yang sehat. Kelebihan berat badan membuat seseorang rentan terjatuh. Kekurangan berat badan menambah resiko atas kekurangan sel-sel tulang.
  • Tidak merokok, karena masuknya nikotin meningkatkan proses pengurangan massa tulang dan resiko patah tulang.
  • Jangan minum minuman beralkohol. Alkohol berlebihan akan mengurangi massa tulang dan menaikkan resiko patah tulang.
  • Mengurangi resiko jatuh. Pilih alas kaki bersol anti slip dan tidak terlalu tinggi. Lakukan beberapa perubahan di rumah di lokasi yang diperlukan dengan memindahkan benda-benda yang menghalangi atau memasang keset anti slip di kamar mandi atau di dapur.
  • Baca juga : Kenali Tubuhmu - Tulang
Semoga bermanfaat - Shear Health

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © . Live Healthy - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger