Sponsored by

Rabu, 24 Oktober 2012

Get These Super Fruits

Buah Delima
Get These Super Fruits - WHO menyatakan, salah satu penyebab tingginya angka kematian akibat non communicable diseases (penyakit tidak menular) adalah gaya hidup tidak sehat. Diantaranya kebiasaan mengonsumsi makanan berlemak serta minimnya konsumsi buah dan sayuran segar dalam kehidupan sehari-hari (WHO Health Report 2003).

Para ahli kesehatan di dunia percaya, memperbanyak konsumsi buah dan sayuran segar dalam menu makan sehari-hari dapat menurunkan resiko terkena NCD (non communicable diseases). Atas dasar itu pula WHO merekomendasikan kita untuk mengonsumsi buah dan sayuran segar sebanyak 400 gram per hari.

Beberapa jenis buah termasuk dalam golongan super fruits. Buah-buahan ini disebut "super" karena memiliki kandungan kalori dan lemak rendah, namun tinggi akan vitamin, serat, dan antioksidan polifenol. Tak heran bila manfaat sehatnya dinilai jauh lebih besar dibandingkan buah yang lain.

Apa saja buah yang termasuk dalam golongan super fruits ?

Kelompok buah berry. Kadar antioksidan buah berry paling tinggi dibanding buah-buahan lainnya dan dapat mereduksi resiko kerusakan organ jantung hingga 20%. Bagi Anda yang kolesterolnya tinggi dapat mengonsumsi berry 150 gram atau sekitar 3/4 cangkir setiap hari selama 8 minggu. Sedangkan asupan sehari-hari santap 40-60 gram, diselingi dengan buah-buahan lainnya.

Delima (pomegranate). Warna merah pada buah ini menandakan kadar polifenolnya sangat tinggi. Banyak studi menunjukkan, orang yang mengonsumsi 2 gelas jus delima setiap hari, kadar kolesterolnya akan menurun dan plak yang menempel pada pembuluh darah dapat terkikis. Rajin mengonsumsi buah ini dapat membantu menunda proses penuaan.

Buah naga. Kandungan gizi terbanyak dalam buah ini adalah vitamin C dan antioksidan. Kelebihan ini membuat buah naga disebut sebagai super fruits yang mampu mencegah terjadinya peradangan dan timbulnya sel kanker di dalam tubuh. Nutrisi lain yang terdapat dalam buah naga adalah vitamin B1, B2, dan B3.

Berbagai sumber - Shear Health

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © . Live Healthy - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger