Sponsored by

Rabu, 24 Oktober 2012

Dua Hormon Penting Pada Perempuan


Dua Hormon Penting Pada Perempuan - Siklus biologis perempuan sangat dipengaruhi oleh hormon reproduksi yang dihasilkan tubuhnya. Terutama, hormon progesteron dan estrogen. Kedua hormon ini sering disebut sebagai hormon perempuan, padahal kedua hormon ini juga diproduksi dalam tubuh pria. Namun jumlahnya pada pria tidak banyak dan perannya tidak terlalu terasa.

Estrogen pada perempuan dihasilkan di ovarium (indung telur), kelenjar adrenal, dan jaringan lemak. Hormon ini bergerak ke seluruh tubuh bersama aliran darah dan berperan dalam hampir semua pembentukan dan fungsi organ, seperti mata, tulang, hati, dan jantung.

Progesteron juga dihasilkan di ovarium (indung telur) dan kelenjar adrenal. Hormon ini membantu tubuh mempersiapkan proses pembuahan dan kemudian menjaga kehamilan. Saat hamil, hormon ini juga diproduksi oleh plasenta.

Peran hormon dan dampak perubahannya perlu kita pahami agar setiap fase biologis dapat dijalani dengan nyaman dan bermakna. Inilah beberapa catatan mengenai peran kedua hormon tadi dalam kehidupan perempuan :
  • Hormon estrogen berperan dalam membentuk perilaku dan kepribadian feminim. Hormon ini berpengaruh terhadap sejumlah keadaan pada tubuh perempuan. Termasuk, keadaan anabolik efek misalnya dalam pembentukan protein tubuh. Ini bisa terlihat dimana otot laki-laki lebih banyak dibanding perempuan, ataupun mengapa perempuan memiliki lemak lebih banyak.
  • Pengaruh hormon estrogen ini juga membuat perempuan sering kali berperilaku "membingungkan". Hormon ini mempengaruhi libido termasuk perilaku harian. Berubah-ubahnya hormon ini membuat kadang-kadang ia berubah-ubah dalam hal pikiran, mood, perasaan dan tingkah laku.
  • Sepanjang daur haid, perubahan hormon ini sangat kentara. Itu sebabnya ketika masa menstruasi tiba perangai dan penampilan perempuan berbeda antara sebelum, menjelang, dan sesudahnya.
Shear - Health

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © . Live Healthy - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger