Sponsored by

Minggu, 02 Juni 2013

Risin, Senyawa Mematikan Dari Biji Jarak

Sponsored
Tanaman dan biji Jarak
Risin, Senyawa Mematikan Dari Biji Jarak - Risin (Ricin) adalah senyawa mematikan yang berasal dari hasil samping pengolahan biji jarak. Jika risin terhirup, disuntikkan, atau tertelan, maka dosis kecil saja dapat membunuh seseorang dalam rentang waktu 36-48 jam karena gagal napas dan kegagalan peredaran darah. Sampai saat ini belum ada obat yang ditemukan untuk penangkalnya.

Setiap molekul risin akan mematikan setiap sel yang dimasukinya. Bila risin tertelan, dampak fatal tak selalu terjadi. Namun, anak-anak lebih rentan terhadap zat ini dibandingkan orang dewasa. Bila tertelan, maka risin menyebabkan mual, muntah, serta pendarahan pada lambung dan usus. Gejala berikutnya dari keracunan risin melalui jalur pencernaan adalah kegagalan fungsi hati, dan akhirnya penelan risin bisa meninggal karena sistem peredaran darah berantakan.

Risin bisa masuk ke dalam tubuh antara lain ketika biji kacang jarak termakan. Kalau biji itu dimakan tanpa ada kerusakan pada kulit biji, bisa jadi keracunan risin tak akan terjadi dan biji itu akan kembali keluar melalui mekanisme sistem pencernaan. Namun bila kacang itu dikunyah dan kulit biji kacang terkoyak, kemudian tertelan, racun risin akan masuk ke dalam tubuh.  

Bila risin disuntikkan, kematian akan terjadi. Dimulai dari kematian otot dan kelenjar getah bening di dekat titik suntikan, menyusul tak lama kemudian kegagalan organ-organ utama tubuh, dan kematian pun terjadi segera. Para pakar medis menempatkan posisi risin sangat dekat sebagai "alat pembunuh" laiknya virus antraks.

Setidaknya sejak April 2013, istilah risin berulang kali muncul di pemberitaan internasional. Kata itu mencuat di tengah hiruk pikuk pemberitaan, menyusul datangnya sebuah surat ke Gedung Putih, ditujukan kepada Presiden Barack Obama, dan diduga surat tersebut dibubuhi risin.

Sumber : kompas.com

1 comments:

  1. Blackjack for Sale on JTA Brick-and-mortar Casino
    The blackjack machine, built from 목포 출장마사지 a 경산 출장안마 stock zinc-plated board, has been designed by 통영 출장샵 a professional blackjack enthusiast, 충주 출장샵 and its 나주 출장마사지 color scheme offers

    BalasHapus

 
Copyright © . Live Healthy - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger