Sponsored by

Minggu, 28 April 2013

Mengapa Tubuh Mudah Sekali Mengantuk ?

Sponsor link
Mengapa Tubuh Mudah Sekali Mengantuk - Mengantuk adalah tanda atau indikasi bahwa tubuh perlu beristirhat. Akan tetapi jika terlalu sering mengantuk, apalagi pada waktu-waktu di luar jam tidur, ini adalah sesuatu yang tidak wajar. Dan ternyata, mudah mengantuk bisa menjadi indikasi sejumlah masalah kesehatan. Simak beberapa penjelasan berikut ini :

Anemia
Anemia atau kekurangan darah bisa menyebabkan tubuh menjadi mudah mengantuk. Kaum perempuan sering mengalami anemia akibat kehilangan darah saat menstruasi. Pada masa menstruasi, jumlah zat besi berkurang, sel darah merah untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh juga akan menurun, dan menyebabkan mudah sekali mengantuk.

Dehidrasi
Dehidrasi atau kekurangan cairan bisa menyebabkan tubuh menjadi lemas. Karena tubuh membutuhkan air dalam jumlah yang cukup untuk melakukan metabolisme. Jika kebutuhan air tidak tercukupi, jangan heran bila tubuh menjadi lemas dan muncul keinginan untuk tidur.

Penyakit Jantung
Terlalu sering merasa lelah dan mengantuk bisa menjadi indikasi sejumlah penyakit berbahaya seperti jantung. Sebaiknya periksakan diri Anda jika merasa gaya hidup buruk dan mudah sekali mengantuk untuk mengantisipasi risiko penyakit ini.

Sponsor link
Depresi
Stress tidak hanya mengganggu konsentrasi dan kinerja otak. Gangguan emosi ini bisa berpengaruh ke seluruh tubuh. Salah satunya adalah menjadi gampang mengantuk. Efek lainnya adalah kehilangan nafsu makan dan sakit kepala.

Diabetes
Gula atau glukosa biasanya diambil tubuh dan diubah menjadi energi untuk beraktivitas. Namun penderita diabetes tipe dua mempunyai tingkat glukosa yang tinggi karena tubuh tidak dapat mengambil dan memanfaatkannya dengan baik. Akibatnya, tubuh merasa mudah lelah dan mengantuk.

Hipotiroid
Gejala ini bisa diartikan sebagai berkurangnya produksi hormon Tiroid pada kelenjar tiroid. Hormon tiroid bertugas mengontrol metabolisme di dalam tubuh dan kecepatan untuk membuat energi dalam tubuh. Jika keseimbangan hormon tiroid terganggu, tubuh akan mudah lesu dan mengantuk.

Sindrom kelelahan kronis
Pada chronic fatigue syndrome atau sindrom kelelahan kronis, lelah tidak cepat hilang. Indikasinya, tubuh merasa lesu, mudah emosi, nyeri pada otot, dan mudal lupa (pikun).

Melihat penjelasan di atas, Anda harus lebih berhati-hati jika mudah mengantuk hampir setiap hari (terutama pada pagi menjelang siang). Tips lainnya adalah melakukan olahraga rutin 2-3 kali dalam seminggu, atau 20-45 menit tiap hari dengan olahraga ringan seperti jalan kaki santai. Semoga bermanfaat.

Sponsor
Sumber : Harian Kompas (Jumat, 26 April 2013 - Hal. 47)

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © . Live Healthy - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger